21 Januari 2013

Semua Berawal Dari Mimpi

Bahwa “Bukan kakiku yang menggerakkan aku, melainkan pikiranku“, masih tertulis jelas di lembaran kertas yang kutulis dari tahun ke tahun, dengan harapan setiap tahun yang berlalu saya bisa bisa mengendalikan diri dan pikiran untuk mencapai semua mimpi dan impian yang ingin dicapai.
Setahun yang lalu sebelum memasuki tahun 2010 dalam selembar kertas telah tertulis mimpi-mimpi yang ingin diwujudkan, yang sering saya sebut sebagai “Perjalanan menemukan Jati Diri“, hal yang kulakukan sejak tahun 1999, tapi tetap saja terasa berat melakukannya, karena pengenalan akan diri sendiri adalah sama dengan menelanjangi diri dalam setiap kelebihan dan kekurangan, dan proses ini tak akan pernah berhenti selama masih hidup di dunia ini.

PROSES, itulah yang harus saya jalani, dan tanpa PROSES itu, maka sama dengan NOL untuk mengatakan saya mampu mengejar mimpi, meskipun mimpi itu tidak 100% tercapai.

MIMPI (PENCAPAIAN) saya = (Kekuatan / Kelemahan) + (kesempatan / hambatan)
DREAM = (S/W) + (O/T)

MIMPI adalah Ketika saya membagi setiap kekuatan dalam diri saya untuk menutupi setiap kelemahan dan memanfaatkan setiap kesempatan untuk memperkecil hambatan.
Ketika harus bergelut dan menelanjangi diri sendiri, berani mengorek sampai hal terkecil dari dalam diri saya yang layak dibanggakan meskipun bagi orang lain itu adalah hal yang sangat sepele dan tidak terlalu berarti, saya tak harus berkata saya tidak layak untuk melihat saya kuat, karena saya tahu saya memang kuat, karena jika tidak maka saya berhenti di sini dan tidak memiliki mimpi.


Saya harus berani berkata bahwa saya memiliki banyak KEKUATAN (Strengths)

–> Percaya pada kekuatan TUHAN
–> Bersemangat
–> Tidak menyerah pada keadaan
–> Mampu berkomunikasi dengan Baik
–> memiliki Kemauan Belajar yang tinggi
–> Pendengar yang baik
–> Tidak suka membeda-bedakan
–> Mau berubah dan siap untuk di kritik dan ditegur
–> Pekerja Keras
–> Mandiri
–> Bergerak Cepat
–> Berjiwa Sosial
–> Mampu beradaptasi

Tapi saya adalah manusia yang memiliki banyak juga KELEMAHAN (WEAKNESSES)

–> Terlalu terpengaruh perasaan yang dapat mengganggu dalam pengambilan keputusan
–> Tidak bisa mengatur waktu tidur dengan baik, karena tuntutan pekerjaan dan pendidikan
–> Memendam perasaan dan masalah hanya untuk pribadi
–> Sering lupa makan karena kesibukan
–> Emosi yang tidak stabil
–> Lebih mementingkan kebutuhan orang lain daripada diri sendiri

Masih banyak PELUANG (Opportunities) yang bisa saya manfaatkan untuk mencapai mimpi-mipi itu :

–> Saya Masih muda, sehingga masih bisa mengembangkan diri dengan baik untuk 20 tahun ke depan
–> Saya memiliki Skill di bidang IT
–> Saya memiliki jiwa seni dan suka menulis
–> Sehari-hari bergaul dengan ratusan karakter yang berbeda, sehingga secara psikologis saya memiliki peluang yang cukup baik
–> Saya hidup ditengah-tengah keluarga dari berbagai etnis, suku dan agama, sehingga peluang saya lebih besar untuk bisa menerima dan diterima ditengah-tengah lingkungan
–> Saya kuliah dan bekerja
–> Pengalaman Mengajar anak-anak jalanan

Bukan berarti saya tidak memiliki TANTANGAN/ HAMBATAN-HAMBATAN (Threats ) dalam mencapai semua mimpi

–> Waktu yang begitu padat menjadi hambatan bagi saya untuk melangkah lebih jauh dari dunia yang sedang saya geluti, baik pekerjaan maupun pendidikan
–> Sayang sekali saya tidak bisa dan memiliki ketakutan dalam membawa kendaraan

Beranikah saya mengatakan  Mimpi saya telah tercapai???

Inilah Mimpi saya di awal tahun 2010 :
1.  Merubah cara mengajar dan menanamkan pola pikir baru bagi siswa saya
2. Mempertahankan Indeks Prestasi di Kampus tetap Baik
3. Mengendalikan Emosional dalam diri agar stabil
4. Memanajemen Waktu dengan Tepat

Bagaimana Pencapaian dari Mimpi itu

1. Dalam pekerjaan, saya sangat bersyukur ketika saya dengan penuh kerja keras ternyata berhasil menerapkan pola belajar yang baru dan dapat diterima oleh siswa, dengan pemahaman bahwa belajar bukan hanya belajar tetapi adalah juga tentang ETIKA dan MORAL : YES, 90% SUKSES
2. Indeks Prestasi di Kampus tetap baik, bahkan sangat baik, tidak ada ketertinggalan baik dalam tugas maupun Ujian : YES  98% SUKSES, karena beberapa kali ijin tidak masuk kuliah, tetapi saya tidak tertinggal maka saya beri 98%. Saya sukses karena saya tidak BOLOS
3. Mengendalikan Emosional : Hal yang sangat sulit bagi saya, tapi saya bersyukur 90% emosi tahun ini terkendali dan saya lebih banyak tersenyum.
4. Manajemen waktu dengan tepat : sayang sekali, hal tersulit yang harus saya hadapi dengan kegiatan dari jam 5 pagi sampai jam 10 malam, ditambah mempersiapkan diri setiap hari sampai tengah malam.  Kesuksesan saya 65%, Saya tidak GAGAL, hanya saja ketercapaian saya masih rendah,  waktu makan dan istirahat tidak termanajemen dengan baik.

APA MIMPI saya ke depan?????

Point 1 sampai 4 di atas masih menjadi prioritas untuk dipertahankan dan ditingkatkan, tetapi target utama saya adalah :
1. Harus bisa mengatasi masalah yang pasti timbul di tahun 2011, yaitu antara Praktek Lapangan dan Mengajar, hal yang sangat berat yang menjadi beban saat ini, haruskah salah satu dilepas, semoga ada solusi yang baik.
2. MENIKAH, Semoga .. Halah… 

Itulah perjalanan menemukan jati diri yang harus saya lewati dengan PROSES yang tak mungkin dihindari.

“Setiap Impian akan dapat terwujud bila kita berani mengejarnya” (Walt Disney), mengapa harus takut untuk mengenal diri kita dan menelanjangi diri kita, karena yakinlah bahwa KEMANAPUN KITA PERGI, KITA PASTI MENEMUKAN CARANYA, maka MIMPI bukanlah MIMPI dalam angan-angan, tetapi mimpi adalah Bagaimana mewujudkannya dengan memanfaatkan apa yang ada di dalam diri kita.

Jangan biarkan Potensi diri tidur dan Jangan biarkan KEGAGALAN melesukan SEMANGAT IMPIAN
Karena TIDAK ADA KATA TERLAMBAT, tuliskan mimpimu dan kenali dirimu demi mimpi yang tak pernah mati.

Tak perlu malu dan takut untuk menelanjangi segala KEKUATAN, KELEMAHAN, KESEMPATAN DAN HAMBATAN  yang ada, karena KEBERANIAN adalah awal sebuah PENCAPAIAN

Sudahkah Anda Berani Menelanjangi pribadi anda untuk mencapai Mimpi..?? dan Sudahkah Anda memiliki Mimpi untuk tahun yang akan datang???
——————————————

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Anda Berkomentar Untuk Kritik Dan Sarannya
===========================================