26 April 2013

Inilah Cara Saya Mempercepat Koneksi Internet Mozilla

Berawal dari lambatnya koneksi internet komputer windows, menyebabkan loading time yang lama dan menjengkelkan maka mulailah proses mempercepat internet mozilla. Tweak firefox kali ini menggunakan fitur about:config yang merupakan fitur bawaan mozilla firefox yang ditunjukan untuk advanced user. Kecepatan koneksi internet yang super lambat dapat dimaksimalkan dan manfaatnya tentu saja koneksi internet yang lambat akan menjadi lebih maksimal kecepatannya.
Cara mempercepat koneksi internet mozilla firefox ini tidak membutuhkan software maupun addons firefox tambahan. hanya menggunakan fitur bawaan dari mozilla firefox yaitu about:config.

Cara mempercepat koneksi internet mozilla Config Untuk Mempercepat Koneksi Internet Mozilla Firefox

Apabila salah dalam memasukan value, bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti
mengalami crash pada firefox yang digunakan dan bahkan sampai koneksi menjadi lebih lambat dari sebelumnya.

Inilah cara mempercepat koneksi internet mozilla firefox

  1. Ketikan about:config pada address bar (tempat menuliskan alamat web)
  2. Klik tombol Enter
  3. Untuk mencari config yang akan dirubah, gunakan CTRL + F
  4. Untuk merubah nilai atau value lakukan klik 2x pada config yang akan dirubah
  5. Untuk menambahkan config baru, klik kanan pada tempat kosong kemudian pilih New lalu pilih jenis confignya string, integer atau boolean.

Lakukan Pengaturan pada Config Mozilla Firefox Berikut

  • Set network.http.pipelining menjadi true
  • Pipelining adalah aplikasi pada protokol HTTP 1.1 untuk melakukan beberapa requests sekaligus terhadap web server sebelum salah satu requestnya terpenuhi. tidak semua server support namun config ini akan mempercepat koneksi internet anda yang lambat.
  • Set network.http.proxy.pipelining menjadi true
  • Tujuannya hampir sama dengan config di atas yaitu mempercepat koneksi internet, namun config ini dikhususkan apabila anda menggunakan proxy pada koneksi internet yang digunakan.
  • Set network.http.pipelining.ssl menjadi true
  • Config ini bertujuan mengaktifkan Pipelining pada situs web yang menggunakan SSL (Secure Socket Layer) biasanya ditandai dengan protokol https://.. pada alamat webnya. misalkan pada situs https://www.paypal.com.
  • Ubah value network.http.pipelining.maxrequests menjadi 8
  • Untuk memaksimalkan request HTTP Pipelning pada web server, sehingga koneksi mozilla firefox menjadi lebih cepat(caranya lihat diatas).
  • Tambahkan config baru dengan cara klik kanan pada sembarang tempat, pilih New lalu Boolean masukkan network.http.pipelining.firstrequest klik 'Ok' dan set nilainya menjadi True
  • Tambahkan config baru dengan cara klik kanan pada sembarang tempat, pilih New lalu Integer masukkan nglayout.initialpaint.delay klik 'Ok' dan set nilainya menjadi 0

Cara diatas terbukti dapat mepercepat koneksi internet saya yang terbilang lemot, cara mempercepat internet pada mozilla firefox ini dikhsuskan untuk memaksimalkan loading page dan bukan mempercepat download file.
Untuk merubah config ke kondisi default dapat dilakukan dengan Firefox Safe Mode dan kemudian check 'Restore Default Preferences' lalu restart mozilla firefox.

Koneksi internet yang lambat pada dasarnya bersumber dari banyak faktor. Internet Services Provider, Signal yang didapat sampai kondisi komputer yang digunakan merupakan faktor utama lambatnya koneksi internet.

Update Februari 2013
Cara mempercepat koneksi internet mozilla diatas sudah diupdate dengan alasan trik sebelumnya terlalu ekstrim sehingga 'memaksa' firefox untuk bekerja ekstra keras, config yang baru diatas lebih bersahabat dengan mozilla firefox sehingga menghindari kemungkinan yg tidak diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Anda Berkomentar Untuk Kritik Dan Sarannya
===========================================